Kastara.id, Purwakarta – Tak perlu menunggu lama, setelah world premier-nya di Indonesia 18 Januari lalu, akhirnya produksi pertama dari model unggulan barunya, Datsun CROSS, dimulai di pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat. Produksi pertama ini menandai fase penting perjalanan Datsun di Indonesia.
Sebagai cross-over multifungsi, Datsun CROSS dikembangkan untuk Indonesia. Ini sekaligus memperluas pilihan bagi konsumen terhadap mobil yang menyenangkan untuk dikendarai dan dilengkapi CVT, serta beragam teknologi keselamatan yang mumpuni.
Menurut Presdir PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Eiichi Koito, Datsun CROSS resmi mulai diproduksi untuk pelanggan Indonesia dengan pengiriman pertama pada Maret mendatang. “Dimulainya produksi Datsun CROSS adalah momen penting bagi kami, karena merupakan tonggak sejarah untuk Datsun,” ujarnya.
Datsun CROSS akan diproduksi di pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat (31/1), yang berdiri di lahan dengan luas sekitar 35 hektar dan mempekerjakan sekitar 2.400 karyawan. Di pabrik ini juga diproduksi Datsun GO+ dan GO Panca, serta sejumlah model Nissan yang dijual di Indonesia.
Pabrik NMI ini sudah menerapkan sistem produksi global (Nissan Production Way) dengan proses manufaktur dan pengecekan kualitas. Sehingga sistem produksi ini akan menghasilkan produk berkualitas baik sesuai standard global Nissan.
Terkait dengan produksi Datsun CROSS di pabrik NMI, Vice President Manufacturing NMI Fumitoshi Yoshikawa mengungkapkan bahwa di balik setiap mobil Datsun CROSS adalah kerja keras dan dedikasi tinggi untuk memastikan kualitas manufaktur yang bermutu tinggi. “Saya mengapresiasi hasil kerja keras ribuan karyawan di pabrik ini dan juga di jaringan pemasok kami, sehingga Datsun CROSS bisa mulai diproduksi,” jelasnya.
Datsun CROSS menjadi model unggulan sekaligus merupakan menciptakan segmen baru di kelasnya. Dengan menawarkan berbagai fitur unggulan, antara lain X-Tronic CVT, dan fitur keselamatan canggih seperti VDC untuk semua kelas, yang terdiri atas anti-lock brakes(ABS), electronic brake distribution with brake assist(EBD), traction control (TCS), brake-limited slip differential (B-LSD), dan juga dua buah kantung udara depan, sistem pemberi peringatan sabuk pengaman, dan lampu depan otomatis.
Cross-over pertama Datsun ini dikembangkan oleh tim dari berbagai negara, antara lain para insinyur Indonesia dan Jepang, yang bekerja sama untuk mengembangkan Datsun CROSS dengan mempertimbangkan situasi berkendara di Indonesia. Di antaranya seperti body cladding dan perlindungan di bagian bawah bodi untuk melindungi dari kemungkinan kerusakan akibat lumpur dan pecahan batu.
Datsun CROSS memiliki ground clearance setinggi 200 milimeter dan pelek 15 inci, dengan ban yang khusus dikembangkan dari senyawa karet yang memberi kinerja yang lebih baik dan hemat. (dwi)
Datsun CROSS