Trans Jabodetabek Premium

Kastara.id, Jakarta – Perum PPD menggandeng PT Adhi Persada Properti, anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk kembangkan sayap dengan membuka trayek-trayek baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan umum khususnya Trans Jabodetabek Premium. Kali ini, Rabu (31/1), pembukaan rute dari titik Grand Dhika City Lifestyle, Jatiwarna.

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa mengatakan, tujuan pengoperasian layanan ini salah satu bentuk peran serta Perum PPD dalam mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta khususnya, dan berharap pengoperasian layanan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum selain juga sebagai alternatif atau pun solusi sehingga masyarakat dapat menjadikan budaya naik angkutan umum sebagai gaya hidup.

Dengan berjalannya rute Trans Jabodetabek Premium dari dua titik proyek properti yang dikembangkan APP, akan menjadi titik awal dari sinergi antara APP dengan Perum PPD. Ke depan, APP berkomitmen akan menjalin kerja sama yang serupa untuk mengintegrasikan semua proyek-proyek properti yang dikembangkan, dengan sistem transportasi umum.

Trans Jabodetabek Premium Rute Grand Dhika City Lifestyle Jatiwarna – Plaza Senayan dalam sehari memiliki tiga jadwal  keberangkatan, yaitu jam 05.30 WIB, 05.45 WIB, dan 06.00 WIB dari Grand Dhika City Lifestyle, Jatiwarna. Sedangkan dari Plaza Senayan juga memiliki tiga jadwal keberangkatan, yaitu 15.30 WIB, 16.00 WIB, dan 16.30 WIB.

Untuk Rute Grand Dhika City Lifestyle Jatiwarna – Mall Ciputra Grogol, memiliki tiga kali keberangkatan yaitu 05.30 WIB, 05.45 WIB, dan 06.00 WIB dari Grand Dhika City Lifestyle Jatiwarna. Sedangkan dari Mall Ciputra Grogol tiga jadwal keberangkatannya adalah 16.30 WIB, 17.00 WIB, dan 17.30 WIB.

Dengan titik awal pemberangkatan dari GDC Life Style, PPD akan menyediakan dua rute, yaitu GDC Life Style Jatiwarna – Plaza Senayan, serta rute GDC Life style Jatiwarna – Mall Ciputra Grogol.

Sebelumnya, APP juga telah membuka rute dari salah satu proyek APP lainnya, yaitu rute GDC Bekasi Timur – Paragon. Grand Dhika City Life Style adalah kawasan mixed used yang dikembangkan oleh APP di lahan seluas 41.498 M2. Nantinya kawasan ini terintegrasi dengan beberapa tower apartemen, mall, dan juga hotel.

Dengan adanya rute Trans Jabodetabek Premium ini, akan memudahkan penghuni untuk menuju pusat bisnis di Jakarta. Selain itu, dengan adanya rute Trans Jabodetabek ini, akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Jatiwarna, sehingga mampu mengurangi kemacetan di Jalan TOL JORR.

Peluncuran Trans Jabodetabek Premium dari GDC Lifestyle Jatiwarna ke Jakarta memperoleh apresiasi Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi Harun Al Rasyid.

Harun Al Rasyid mengatakan, peluncuran Trans Jabodetabek premium dari GDC Lifestyle Jatiwarna ke Jakarta, layak diapresiasi dan direspons secara positif.

Kota Bekasi adalah salah satu kota yang berkembang sangat pesat dalam 5 tahun terakhir ini. Pertambahan jumlah penduduk, baik secara alamiah maupun karena faktor urbanisasi, tercatat masuk kategori tinggi dibandingkan beberapa kota di sekitar Jakarta.

Begitu pula pertumbuhan jumlah kendaraan sebagai moda untuk mobilitas menunjukkan angka yang sangat tinggi. Di sisi lain kemampuan pemerintah untuk menambah dan meningatkan kualitas jalan sangat terbatas dan pertambahan sangat tidak signifikan dengan pertumbuhan penduduk.

Karena itu pelayanan transportasi masal sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan problem kemacetan dan transportasi di masa sekarang dan yang akan datang.

Diharapkan dengan pengoperasian penambahan trayek Trans Jabedetabek Premium tersebut, masyarakat dapat  beralih menggunakan kendaraan umum. Selain kelebihan waktu tempuh yang lebih singkat, juga berpengaruh positif untuk mengurangi kemacetan dan polusi. (mar)