Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah telah memutuskam segera melakukan evakuasi terhadao 243 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China. Selain itu WNI di kota-kota sekitar Wuhan, Provinsi Hubei, juga turut dievakuasi.

Saat memberikan keterangan pers kemarin (31/1), Jokowi menyatakan tindakan evakuasi telah diputuskan dalam rapat terbatas, Kamis (30/1). Saat ini menurut Jokowi, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi telah mengkoordinir proses pemulangan WNI.

Pemerintah juga terus berkomunikasi dengan otoritas China terkait pemulangan WNI. Terlebih negara yang ingin memulangkan warganya bukan hanya Indonesia, banyak negara yang ingin melakukan hal serupa. Namun Jokowi memastikan Indonesia berada di antrean terdepan.

Sedangkan di dalam negeri, pemerintah telah melakukan persiapan sesuai prosedur dan protokol kesehatan.

Sementara itu Menlu Retno Marsudi menjelaskan persiapan evakuasi telah memasuki tahap akhir. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah berkomunikasi dengan Duta Besar (Dubes) China di Jakarta terkait hal itu. Dubes China telah menyampaikan clearance pendaratan dan pergerakan pesawat untuk evakuasi WNI dari Provinsi Hubei.

Retno menyebut pesawat penjemput bersama tim evakuasi akan terbang kurang dari 24 jam. Kemenlu akan menggunakan pesawat berbadan lebar agar bisa mengevakuasi WNI dalam jumlah banyak. Penerbangan akan dilakukan langsung dari China menuju Indonesia tanpa transit. (har)