BNN

Kastara.id, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo melantik Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Pol Budi Waseso yang memasuki masa pensiun, Kamis (1/3).

Heru menjelaskan akan melanjutkan program atau kebijakan pimpinan Kepala BNN sebelumnya, Komjen Budi Waseso. Dia juga meminta agar semua pihak ikut membantu dalam pencegahan dan pemberantasan terkait peredaran narkoba.

“Saya mengharapkan bantuan dari semua pemangku kepentingan. Pemberantasan narkoba bukan hanya tanggung jawab BNN, tapi juga semua warga negara,” kata Heru.

Menurut dia, tantangan pemberantasan narkoba cukup besar sehingga membutuhkan kerja sama seluruh lapisan masyarakat.

Kerja sama antar penegak hukum pun menurut dia, harus ditingkatkan, karena seringkali narkotika masuk melalui jalur laut. Oleh sebab itu, pengawasan di wilayah perairan pun harus terus ditingkatkan.

Jenderal Polisi bintang dua tersebut sebelumnya pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menko Polhukam dan Kapolda Lampung.

Sebelumnya diketahui, ada tiga nama calon yang digadang-gadang akan menggantikan Buwas yakni Kalemdikpol Polri Komjen Moechgiyarto, Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto, dan Deputi Penindakan KPK Irjen Heru Winarko. (npm)