“Maka itu, pemberdayaan masyarakat rusunawan diperlukan agar mereka mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat rusun untuk membiayai kebutuhan hidup seperti bayar sewa rusun dan lain-lain,” ujar Ratu (29/2).

Ratu menyampaikan, industri kerajinan tangan berawal dari sebuah hobi yang kemudian dikembangkan sehingga dapat menjadi solusi masyarakat untuk menghadapi krisis ekonomi. Dia menilai, kerajinan tangan dapat menjadi penghasilan tambahan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Dari hobi bahkan bisa berkembang menjadi sebuah usaha yang besar dan memiliki untung yang tinggi,” ucap Ratu.

Bimtek maupun pelatihan kerajinan tangan dapat menjadi suatu wadah untuk memfasilitasi para warga rusunawa agar dapat menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas dan mengikuti perkembangan tren kerajinan serta meningkatkan perekonomian daerah.

“Untuk itu, para penghuni rusunawa harus menjalankan bimtek maupun pelatihan kerajinan tangan dengan serius dan memiliki kemauan agar pelatihan yang akan dilaksanakan dapat bermanfaat,” kata Ratu.

Kepala Bidang Industri Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Martiana Debora Paruhum mengatakan, pemberdayaan penghuni rusunawa tersebut juga menciptakan efisiensi waktu kerja, jarak, biaya transportasi dan polusi. Diharapkan, pemberdayaan tersebut menjadi suatu ekosistem terpadu dari hulu ke hilir.

“Selain itu, diharapkan mendukung terciptanya konsep ‘One Village One Product’ dalam satu lokasi rusun,” ucap Anna.

Sebelumnya, dalam rangka pemberdayaan warga Rusunawa Nagrak, Dinas PPKUKM DKI Jakarta menyelenggarakan Bimtek Menganyam mulai tanggal 26 sampai 29 Februari 2024. Bimtek ini diikuti oleh 25 peserta yang semuanya perempuan dan didominasi kaum ibu penghuni rusunawa.

Adapun jenis produk yang diberikan pelatihan menganyam yaitu piring, tempat mangkuk, tas, dompet, dan lain-lain.

“Terhadap hasil pelatihan akan dibuat kerja sama dengan kolaborator dari perusahaan yang memproduksi anyaman sejenis untuk membuat produk yang sama dan diberikan kompensasi bayaran dari setiap produk yang dianyam dan bahan baku dan quality control dari perusahaan kolaborator tersebut,” tandas Anna. (hop)