Metro

WP Diberi Waktu 10 Hari Melunasi Tunggakannya

Kastara.ID, Depok – Untuk menagih para penunggak pajak bumi dan bangunan (PBB) yang bernilai ratusan juta rupiah (kelas kakap), Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkot Depok menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok.

Didampingi Kasubsi Penagihan Sony Hendro SP, Kepala Bidang Pajak Pembangunan (Kabid PB) II BKD Pemkot Depok Muhammad Reza mengatakan, Kejari Kota Depok sebagai pengacara negara akan difungsikan apabila tim penagihan internal BKD Pemkot Depok tidak berhasil menagih tunggakan PBB dari para wajib pajak (WP).

Untuk tahap awal tim penagih internal BKD mendatangi dan melayangkan surat penagih kepada wajib pajak ke rumah-rumah yang menunggak PBB. “Kami memberikan waktu selama sepuluh hari untuk wajib pajak segera melunasi tunggakan PBB-nya,” kata Reza (1/4).

Tenggat waktu sepuluh hari tersebut, terhitung sejak wajib pajak menerima SPT (surat pajak terutang). “Apabila tenggat waktu sepuluh hari belum ada respons, maka permasalahan penagihan selanjutnya kami serahkan ke Kejari sebagai pengacara negara,” ujar Sony.

Untuk tahap awal, katanya, bagian penagihan melakukan kegiatan penagihan di wilayah Kecamatan Beji, dan selanjutnya bergiliran ke kecamatan lainnya.
Kenapa tidak serentak dalam waktu bersama ke semua kecamatan, Sony mengaku, tenaga penagih di bagian yang dipimpinnya jumlahnya masih terbatas.

“Ada sebelas kecamatan dengan 63 wilayah kelurahan se-Kota Depok, namun tenaga penagihan sedikit,” tuturnya.
Sedangkan jumlah obyek pajak yang menunggak PBB jumlahnya banyak, belum lagi memerlukan waktu tidak cukup sehari-dua hari untuk satu obyek pajak, imbuhnya.(*)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…