Disinfektan

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat bersama kepolisian melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah ruas jalan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Ruas jalan yang disemprot disinfektan meliputi Jalan Gajah Mada, Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, jalan di Underpass Pasar Senen, Bundaran Pasar Senen, Kramat Bundar, serta Pasar Tanah Abang.

Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, dalam kegiatan ini, pihaknya mengerahkan 20 personel dan tiga unit mobil pemadam kebakaran medium berkapasitas 400 liter. Di samping itu ada 20 personel kepolisian dan15 personel Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Pusat yang ikut membantu mengatur lalu lintas saat berlangsungnya penyemprotan.

“Kita bersama pihak kepolisian melakukan penyemprotan cairan disinfektan di jalan-jalan wilayah Jakarta Pusat,” ujarnya (31/3).

Ia menyebutkan, di masing-masing mobil pemadam terdapat enam hingga tujuh personel untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke jalan. Cairan disinfektan yang digunakan ini dibuat secara mandiri dengan menggunakan 3,2 kilogram kaporit dan dimasukan ke dalam tangki air mobil pemadam.

“Cara bikin cairan disinfektan ini sesuai anjuran dari Dinas Kesehatan DKI,” tandasnya. (hop)