MotoGP 2021

Kastara.ID, Doha – Mantan juara dunia dan pembalap motor profesional, Marco Lucchinelli kembali memberikan kritik pedas kepara pembalap satelit Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi.

Performa buram yang ditunjukkan Rossi di balapan MotoGP pertama tahun ini sudah cukup menjadi bukti bahwa Rossi seharusnya meninggalkan MotoGP.

Dalam wawancara dengan Lapresse, Lucchinelli mengatakan bahwa ia mengakui nilai historis The Doctor, tapi harusnya sudah menggantungkan helm.

“Rossi adalah makhluk luar angkasa, tapi waktunya telah tiba untuk memberi ruang bagi anak muda di MotoGP. Saya tidak menentangnya, tapi melawan siapapun yang mencoba mencarikan alibi untuknya. Sekarang dia balapan hanya untuk melewati garis finis, bukan untuk menang,” ujar Lucchinelli seperti dimuat Corsedimoto.

Rossi terakhir kali menjadi juara dunia sudah lama sekali, yakni pada musim 2009 silam, sementara ia sudah tak pernah menang balap sejak seri Assen 2017 lalu.

Jadi, sepanjang 2018, 2019, 2020 lalu Rossi menjalani balapan tanpa satupun kemenangan.

Lebih sedih lagi bahwa ia juga mulai jarang naik podium, terhitung tahun 2020 lalu hanya berhasil sekali ketika finis di podium MotoGP Andalusia.

Dan awal 2021 ini tak begitu bagus untuknya, start dari posisi keempat malah berakhir finis ke-12 di MotoGP Qatar lalu.

Apakah Rossi bisa bangkit di seri mendatang, atau memang harus mempertimbangkan dengan serius kritik Lucchinelli? (tra)