Diskominfo Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok memberikan sosialisasi terkait internet sehat bagi anak di Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere. Kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak agar memanfaatkan internet secara bijak.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Depok, Nasrudin menjelaskan, ada sisi baik dan burukĀ  dari penggunaan internet. Sisi baiknya ialah sebagai media belajar bagi anak-anak di rumah, baik melalui website gratis maupun berbayar.

“Kemudian, internet bisa juga dijadikan media untuk berbisnis dan pemasaran online, serta sebagai sarana berkomunikasi,” ujarnya usai kegiatan yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (31/3)

Dikatakannya, sementara sisi buruk dari penggunaan internet ialah dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan kejahatan. Seperti pencurian identitas, perundungan atau bullying, phising, hacking dan pornografi.

Nasrudin menambahkan, batas waktu yang baik mengakses internet adalah tiga jam dalam satu hari. Lebih dari itu, akan menimbulkan efek negatif bagi seseorang.

“Seperti asik sendiri dengan gadget, tidak bersemangat belajar hingga susah tidur,” jelasnya.

Maka dari itu, dirinya berpesan kepada seluruh orang tua agar selalu memantau anak-anaknya dalam menggunakan internet. Salah satunya dengan mengecek berbagai konten yang diakses oleh mereka.

“Bagi anak-anak, mari optimalkan manfaat dari internet untuk kebaikan diri sendiri,” tutupnya. (dha)