Lin Jarvis

Kastara.ID, Milan – Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis telah menyusun rencana yang jelas dan untuk membawa gelar juara dunia MotoGP kembali ke pabrikan asal Iwata, Jepang.

Saat wawancara dengan La Gazzetta dello Sport, Jarvis memberikan pandangan menarik tentang rencana 2021 untuk Yamaha pabrikan. Apalagi Yamaha langsung jadi perhatian pada awal 2020 saat membuat serangkaian pengumuman dalam beberapa hari.

Diawali pembalap Spanyol Maverick Vinales menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun dengan skuad pabrikan. Disusul diumumkannya nama Fabio Quartararo yang akan pindah dari tim satelit Petronas Yamaha SRT ke tim pabrikan.

Sementara pembalap Italia Valentino Rossi mengatakan, dirinya akan menjalani beberapa balapan lebih dulu untuk mencari tahu apa yang ingin ia lakukan pada tahun 2021. Soal pensiun atau lanjut juga diungkapkan, dan kemudian ditutup dengan penandatanganan Jorge Lorenzo sebagai pembalap tes baru Yamaha.

“Tanda tangan Quartararo untuk tahun 2021 diamankan lebih awal karena misi kami adalah untuk bersaing,” papar Jarvis seperti dilansir MotoGP.

“Jika kita bersaing, kita kemudian ingin menang dan kita ingin melakukannya dengan menggunakan senjata terbaik, apakah itu perangkat lunak, perangkat keras, pembalap atau mekanik,” imbuh Jarvis lagi.

Vinales juga diamankan Yamaha, mengingat pembalap Spanyol itu sempat dirumorkan berlabuh ke Ducati. “Tidak sulit meyakinkan Vinales untuk tetap di sini. Yang penting adalah memperkuat rencana untuknya. Pada awalnya, dengan diskusi terkait dengan Quartararo dan Rossi, kami tidak dapat mengekspos diri kami 100%. Tapi ketika itu terjadi, ia mengerti betapa pentingnya bagi Yamaha untuk menjadi rujukan, masa depan. Kami senang dengan tim 2021; dengan Quartararo kami mendapat pemuda paling cepat dan paling berbakat, ditambah Vinales yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di MotoGP. Ini adalah duo terkuat yang mungkin untuk berburu melawan Marquez,” tandas Jarvis.

Yamaha memang telah berbenah dengan sangat serius menghadapi musim 2020 ini, terutama untuk tahun 2021 mendatang, dengan tampil wajah baru tanpa Rossi. (tra)