Shalat Ied

Kastara.ID, Jakarta – Kerajaan Arab Saudi resmi mengumumkan pada Sabtu (30/4) bahwa hari Ahad (1/5), bakal menjadi hari terakhir Ramadan. Artinya Idulfitri 1433 Hijriah jatuh pada Senin (2/5).

Pernyataan tersebut dijelaskan pasca Komite Pengamatan Hilal Mahkamah Agung Arab Saudi dengan menggelar sidang penetapan awal bulan Syawal tahun ini, yang dilakukan dengan melihat bulan sabit, sesuai dengan penanggalan Hijriah.

Melansir Kantor Berita Saudi SPA, Komite menerangkan tidak melihat bukti bulan pada Sabtu malam, dengan mengutip pernyataan pengadilan kerajaan.

“Departemen memutuskan bahwa Ahad adalah hari ke-30 bulan Ramadan tahun ini, dan Senin adalah hari pertama Idulfitri tahun ini,” demikian pernyataan pengadilan Kerajaan.

Mahkamah Agung pun mengucapkan selamat kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, seluruh warga negara, penduduk, dan umat Islam Saudi, pada Idulfitri 1443 Hijriah.

Sementara di Indonesia, Kementerian Agama RI baru akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 Hijriah pada Ahad (1/5) sore.

Sidang yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama ini akan didahului proses pengamatan hilal yang dilakukan di 99 titik lokasi di seluruh Tanah Air. (ant)