Kastara.ID, Papua – Mantapkan silaturahmi dalam mempererat kebersamaan dengan masyarakat wilayah binaan, Satgas Yonif 406/CK mengajak warga Boven Digoel memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 406/CK, Letkol Inf Andy Soelistyo dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Boven Digoel, Papua, Senin (1/6).

Diungkapkan Dansatgas, anjangsana yang dilaksanakan Satgas Yonif 406/CK pada Ahad (31/5), bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi kepada masyarakat di perbatasan RI-PNG guna mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Salah satunya yang dilaksanakan Pos Kalimandom, dipimpin Serda M. Adan bersama enam personel Satgas melaksanakan anjangsana kepada warga di wilayah binaan,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut kata Andy, anggota Pos Kalimandom menyampaikan bagaimana cara memutus mata rantai penularan virus Corona di perbatasan RI-PNG, termasuk di Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke.

“Kegiatan seperti ini terus dilakukan Satgas agar masyarakat makin sadar dan tahu cara efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan pembinaan teritorial dengan cara anjangsana ke warga binaan, anggota Satgas tetap mengutamakan protokoler kesehatan yaitu jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan tidak jabat tangan langsung.

“Contoh seperti ini kita lakukan agar warga juga dapat menerapkannya dalam pergaulan sehari-hari, sehingga terhindar dari virus mematikan ini,” terang Andy.

Satgas, tambah Andy, dalam melaksanakan tugas selalu berusaha membantu kesulitan masyarakat di daerah perbatasan dengan tulus dan ikhlas.

“Dengan ilmu dan kemampuan yang kita miliki, Satgas selalu berupaya membantu masyarakat berkaitan kemajuan kampung, termasuk keamanan dan kesehatan warga di perbatasan,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini pula, ucap Andy, Satgas juga bersinergi dengan instansi terkait baik instansi Pemerintah Daerah, Distrik maupun aparat Kampung.

“Sekali lagi, dengan segala keterbatasan, Satgas selalu berupaya semaksimal mungkin membantu kesulitan warga kampung binaan baik bidang ekonomi, keamanan maupun kesehatan,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Pardi (43) warga Kampung Muting 4, Distrik Ulilin mengucapkan terima kasih atas ketulusan Satgas (Pos Kalimandom) yang sudi mampir ke rumahnya untuk bertukar pikiran sekaligus memberikan pengetahuan bagaimana cara memutus mata rantai penularan virus Corona.

“Kami sangat terbantu atas sosialisasi yang diberikan Satgas kepada warga di kampung. Ini menjadi pengetahuan bagi kami juga, agar dapat mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada situasi pandemi ini,” pungkasnya senang. (wepe)