Jakarta-Surabaya

Kastara.ID, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan, mulai Selasa, 1 Juni 2021, waktu tempuh Jakarta-Surabaya menggunakan kereta api (KA) Argo Bromo Anggrek akan lebih cepat. Jika sebelumnya waktu tempuhnya 9 jam, kini perjalanan kereta api eksekutif itu hanya selama 8 jam 30 menit atau setengah jam lebih cepat.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo saat memberikan keterangan Selasa (1/6) menjelaskan, KA Argo Bromo Anggrek berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Stasiun Pasar Turi, Surabaya dan sebaliknya.

Didiek mengatakan, semakin singkatnya perjalanan adalah salah satu upaya peningkatan layanan yang diberikan PT KAI kepada penumpang. Dengam waktu perjalanan yang semakin singkat, waktu bepergian penumpang juga akan semakin efisien.

Harga tiket KA Argo Bromo Anggrek berkisar antara Rp 370 ribu hingga Rp 650 ribu. PT KAI juga menyediakan kelas luxury atau eksekutif premium dengan harga tiket Rp 800 ribu hingga Rp 850 ribu. Kelas eksekutif luxury memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan jarak kursi yang lapang.

Tiket kereta api Argo Bromo Anggrek dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, web KAI, dan agen penjualan tiket resmi kereta lainnya. Selama masa pandemi Covid-19, ada beberapa aturan yang harus dilakukan penumpang, yakni penumpang harus dalam kondisi sehat atau tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam. Suhu badan penumpang tidak boleh lebih dari 37,3 derajat selsius.

Didiek menambahkan, selama perjalanan penumpang wajib mengenakan masker yang harus menutupi bagian mulut dan hidung. Diharapkan peningkatan layanan KA Argo Bromo Anggrek dapat memberikan nilai tambah bagi para pelanggan. Di samping itu KA Argo Bromo Anggrek juga menwarkan aneka keunggulan yang lain.

Dengan adanya perubahan waktu tempuh, jadwal kereta api Argo Bromo Anggrek, juga turut berubah sebagai berikut:
1. Pasar Turi-Gambir: 09.15-17.45 WIB
2. Gambir-Pasar Turi: 08.00-16.29 WIB
3. Pasar Turi-Gambir: 20.50-06.20 WIB
4. Gambir-Pasar Turi: 20.30-04.59 WIB. (ant)