Pancasila

Kastara.ID, Jakarta – Diperlukan terobosan baru dalam menginternalisasi setiap nilai-nilai Pancasila di era transformasi digital saat ini. Sehingga, pengguna ruang digital dalam negeri dapat menerapkannya ketika berselancar di dunia digital.

“Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa untuk memanfaatkan Pancasila dalam disrupsi teknologi di era 5G,” kata Presiden Joko Widodo melalui siaran langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6).

Menurut dia, setiap nilai-nilai dalam Pancasila harus menjadi pondasi dasar bagi setiap masyarakat dalam menggunakan ruang digital. Dengan begitu, berbagai ancaman buruk bagi pengguna ruang digital dapat diantisipasi pada beberapa waktu ke depan.

Mengingat, melalui berbagai infrastruktur konektivitas telekomunikasi yang kini telah dibangun oleh pemerintah. Dapat memudahkan antar masyarakat di dalam maupun luar negeri dapat saling berinteraksi.

“Pancasila harus menjadi pondasi dalam kegiatan masyarakat di ruang digital,” imbuhnya.

Dengan begitu, Presiden mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi aktif memperkokoh nilai Pancasila di dalam negeri. Sebab, diperlukan bantuan dari berbagai pihak dalam menginternalisasi nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan.

Adanya partisipasi tersebut, niscaya nilai Pancasila akan segera diterapkan oleh berbagai lapisan masyarakat ke depan. Karena, seluruh kalangan ikut menggelorakan nilai-nilai tersebut dalam kehidupannya.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu. Bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” pungkasnya. (ant)