Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono kagum dengan sejumlah program dan inovasi yang dimiliki Kampung KB Kasih Ibu RW 14 Kelurahan Bojongsari. Imam pun optimis Kampung KB Kasih Ibu dapat meraih juara pertama dalam Lomba Apresiasi Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

“Warganya kompak, banyak program luar biasa yang sudah dilakukan di sini. Kami optimis Kota Depok dapat mempertahankan juara pada lomba apresiasi ini,” katanya usai menghadiri Rechecking Lomba Apresiasi Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 di RW 14, Kelurahan Bojongsari, seperti dimiat situs resmi Pemkot Depok (31/).

Imam menuturkan, pada tahun lalu Kota Depok berhasil menyabet juara I pada Lomba Apresiasi Kampung KB tingkat Jabar yang diwakili oleh Kampung KB Cempaka RW 09 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Imam mengungkapkan, Pemerintah Kota Depok sangat konsen pada pengembangan Kampung KB dan dibuktikan dengan beberapa hal, yaitu membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB tingkat kota yang ditetapkan melalui keputusan Wali Kota. Pokja ini terdiri dari lintas sektor yang merupakan pembina dari Kampung KB di wilayah terdiri dari unsur Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, dan stakeholder.

“Hingga saat ini ada 127 Kampung KB di Kota Depok, artinya setiap kelurahan membentuk dua Kampung KB,” ungkapnya.

Komitmen selanjutnya, Pemkot mendukung penuh keberadaan Kampung KB dengan menyediakan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Lalu, adanya produk hukum yang mendukung Kampung KB yaitu Peraturan Daerah (Perda) Ketahanan Keluarga, Perda Kota Kayak Anak, Perda Kesehatan Bayi Baru Lahir, Bayi, dan Balita. Terakhir Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Imam menjelaskan, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok juga turut serta mendukung pencegahan Stunting di Kampung KB melalui Program D’Sunting Menara. Selain itu, tahun 2023 mendatang juga akan dibentuk Kampung Cerdas Ramah Keluarga, lalu Sekolah Ayah Bunda dan Sekolah Pra Nikah.

“Pengembangan Kampung KB ini kami juga mengikutsertakan Pentahelix. Mudah-mudahan kami berharap Kampung KB Kasih Ibu dapat meraih juara satu dalam lomba apresiasi tingkat Jabar tahun ini,” pungkasnya. (dha)