Youtube

Kastara.id, Jakarta – Platform berbagi video terbesar di dunia ini sudah tak asing lagi. Semua video yang ada di YouTube selalu muncul dalam aspek rasio 16:9. Walaupun video tersebut dibuat dengan aspek rasio yang berbeda, YouTube akan tetap menampilkannya dengan aspek rasio 16:9.

Dengan aspek rasio tersebut, pasti akan melihat bilah vertikal atau horizontal hitam di dalam video yang tidak dibuat dengan aspek rasio tersebut.

Kabar terbaru, YouTube mengumumkan bahwa video dengan rasio aspek yang bukan 16:9, tidak akan lagi muncul dengan bilah hitam. Sebaliknya, perusahaan akan mengoptimalkan merentangkan layar sesuai rasio aspek konten yang sedang ditonton.

Seperti yang diungkap GSM Arena, Senin (30/7), perusahaan telah menghapus bingkai 16:9 default dan mengoptimalkan UI untuk menyesuaikan tampilan konten yang memiliki rasio aspek yang berbeda.

Penyesuaian aspek ini sepertinya dibuat otomatis dan berlaku untuk semua video yang diunggah. Namun belum diketahui apakah penyesuaian rasio ini ini bisa dimatikan atau tidak di dalam Creator Studio. (gus)