Google App

Kastara.id, Jakarta – Versi terbaru dari Beta Google app (V8.14.12) telah membuat marah para penggunanya baru-baru ini. Hal itu disebabkan aplikasi yang kerap mengalami crash. Mereka yang menjalankan Android P Developer Preview 5 mengalami kesulitan untuk menjaga aplikasi tetap terbuka sejak beberapa hari terakhir.

Dilansir dari Phone Arena (30/7), di Google+ sejumlah pengguna Android telah membuat pos yang berisi keluhan tentang situasi tersebut. Dari beberapa pos tersebut, setidaknya ada salah satu pengguna Android yang memiliki masalah yang sama tanpa memasang Android P pada ponselnya.

Ada beberapa spekulasi bahwa aplikasi mengalami crash terkait dengan ponsel Android yang terhubung dengan smartwatch yang menjalankan Wear OS, tetapi ini belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Kejadian ini mengingatkan bahwa pratinjau dari versi Beta dari Google App belum stabil, dan sebagian besar dikembangkan hanya untuk pengembang sehingga mereka dapat memeriksa bagaimana aplikasi mereka berjalan pada perangkat baru.

Jika pengguna sudah terlanjur memasang aplikasi Beta Google App dan ingin kembali ke versi stabilnya (v8.12.21), bisa mengunduh dan memasangnya langsung melalui Mirror APK. Sebelum itu, pastikan perangkat sudah mendukung pemasangan aplikasi dari “Sumber Tidak Dikenal”.

Jika belum, pengguna dapat mengaktifkannya terlebih dahulu dengan pergi ke Pengaturan – Sidik Jari & Keamanan – (aktifkan) Sumber tidak dikenal. Setelah itu, pengguna bisa mengunduh langsung aplikasi Google yang stabil di sini. (gus)