Kastara.id, Jakarta – Menpora Imam Nahrawi menghadiri Grand Launching Pilot Project Bank Musik di halaman Museum Olahraga TMII, Selasa (1/11) siang. Menpora berharap Bank Musik merupakan wadah untuk memfasilitasi dan mengapresiasi kreativitas pemuda di bidang musik serta memberikan edukasi masyarakat.

“Kita akan menikmati pemenang Festival Band Indie Pemuda yang merupakan cikal bakal rencana besar Kemenpora untuk menghidupkan dan memberikan sarana sekaligus perhatian kepada teman-teman yang punya keinginan besar untuk menghidupkan kembali musik tanah air. Dan sesungguhnya kita ingin tempat ini (museum olahraga) menjadi museum musik nasional yang pertama dibuat pemerintah,” kata Menpora.

Imam melanjutkan, 88 tahun yang akan datang, generasi tersebut bisa menikmati karya musik generasi hari ini. “Saat saya di Museum Sumpah Pemuda, saya dan Dik Doank melihat langsung biola WR Supratman dan itu bisa kita kenang. Hari ini juga begitu, apa yang kita lakukan bisa dikenang dan dipelajari sekaligus menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia beberapa puluh tahun yang akan datang,” ujar Imam.

“Tahun 2017 akan kami siapkan bangunan museum musik Indonesia yang bernama Bank Musik di lokasi Museum Olahraga TMII. Dan semua karya seluruh insan musik Indonesia akan kita tempatkan di sini sehingga siapapun yang datang ke sini bisa tahu bagaimana perjuangan dan pengorbanan bisa dilihat secara langsung. Dan bagi kami musik adalah salah salah satu pemersatu NKRI,” kata Menpora.

Sebelumnya, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Eni Budi Sri Haryani melaporkan bahwa kegiatan ini adalah Grand Lounching Pilot Project Bank Musik. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya mulai bulan Januari sampai saat ini dengan sembilan event. (sit)