Headline

Skandal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diminta Diinvestigasi Serius

Kastara.ID, Jakarta – Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon menilai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat ini sudah menjadi sebuah skandal. Hal itu ditandai dengan terjadinya pembengkakan anggaran yang cukup besar. Menurut Fadli, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung memang sudah bermasalah sejak awal dicanangkan.

Melalui cuitan di akun twitternya @fadlizon (30/10), anggota DPR RI ini mengatakan, proyek yang dibangun dengan menggandeng perusahaan asal China itu tidak memiliki urgensi serius. Proyek Kereta Cepat justru terkesan dipaksakan yang berakibat munculnya beragam masalah di kemudian hari.

Fadli menuturkan, pada awalnya proyek prestisius itu disebutkan tidak akan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Saat awal pencanangan, menurut Fadli, proyek ini menekankan skema business to business.

Namun belakangan, anggaran proyek membengkak dari semula 6,07 miliar dolas AS atau Rp 86,5 triliun menjadi 8 miliar dolar AS atau Rp 114,24 triliun (kurs Rp 14.280 per dolar). Pembengkakan yang terjadi mencapai Rp 27,74 triliun.

Akhirnya pemerintah memutuskan menggunakan dana APBN untuk proyek tersebut. Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 107 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung.

Melalui akun twitternya, Fadli mengatakan, “Lalu biaya membengkak seenaknya, mengambil APBN. Ini bisa dibilang sebuah skandal. Harus ada investigasi serius.” (rso)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…