Kastara.ID, Jakarta – Kapal Dinas Perhubungan (Dishub) yang melayani rute Dermaga Kaliadem-Pulau Tidung dan Dermaga Kaliadem-Pulau Kelapa PP sudah beroperasi normal mulai hari ini.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pelayanan UP Angkutan Perairan Dishub Provinsi DKI Jakarta, Sulistiyono Widodo mengatakan, operasional kapal sempat dihentikan pada hari Ahad (29/11) karena kondisi cuaca dengan tinggi gelombang mencapai dua meter lebih.

“Dua jalur tersebut sudah kembali beroperasi melayani penumpang dari dan menuju Kepulauan Seribu,” ujar Sulistiyono, Selasa (1/12).

Sulistiyono menjelaskan, akibat cuaca yang tidak kondusif tersebut, sejak hari Ahad KM Dewandra harus menepi di Dermaga Pulau Tidung dan KM Sangaji bersandar di Pulau Kelapa.

“Sejak Senin dan hingga hari ini kondisi cuaca di perairan Jakarta dan Kepulauan Seribu kembali membaik. Sehingga pada pukul 07.30 pagi tadi sudah bisa melayani penumpang,” terangnya.

Ia menambahkan, selain dua kapal tujuan Pulau Tidung dan Pulau Kelapa tersebut, hari ini beberapa kapal lainnya juga sudah melayani penumpang untuk rute Dermaga Kaliadem menuju Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, dan Pulau Payung.

“Kita minta nakhoda dan awak kapal terus melakukan update informasi dan mengutamakan keselamatan. Kami tidak memaksakan untuk mengoperasikan kapal jika kondisi cuaca kurang baik,” tandasnya. (hop)