Tahun Baru

Kastara.ID, Jakarta – Destinasi wisata di Kepulauan Seribu menjadi salah satu pilihan favorit warga untuk menghabiskan waktu libur Tahun Baru.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah I (UPPD I) Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Faisol mengatakan, pada 1 Januari ada 1.043 wisatawan yang berangkat dengan tujuan Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Kali Adem, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

“Kemarin ada 14 keberangkatan, tiga menggunakan kapal dinas perhubungan dan 11 lainnya menggunakan kapal tradisional,” ujarnya, Ahad (2/1).

Faisol menjelaskan, untuk hari ini hingga pukul 12.00 WIB ada 288 wisatawan yang sudah berangkat dari Pelabuhan Kali Adem dengan tujuan sejumlah pulau permukiman di Kepulauan Seribu.

“Ada sembilan kapal yang berangkat beroperasi hari ini, dua kapal Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan tujuh lainnya kapal tradisional,” terangnya.

Ia menambahkan, pengawasan ketat petugas gabungan di pintu masuk dermaga dan kapal masih terus diberlakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Meski saat ini sudah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1, pengawasan protokol kesehatan (prokes) terus diperketat. Penumpang kapal harus sudah divaksin, memakai masker dan kami membatasi jumlah penumpang maksimal 75 persen,” tandasnya. (hop)