Batik Air

Kastara.ID, Jakarta – Pesawat Batik Air yang membawa Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, sudah mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, yang kemudian akan berpindah ke pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU), untuk kemudian diberangkatkan ke Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Belum ada keterangan resmi mengenai kedatangan WNI ini.

Dalam akun twitter resminya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi men-twit, “Alhamdullillah, pesawat penjemput WNI dari Wuhan sudah tiba di Batam (2/1).”

Pesawat Batik Air yang mengangkut para WNI dari Kota Wuhan, pusat wabah virus Corona, tiba di Bandara Hang Nadim sekitar pukul 08.50 WIB. Para penumpang pesawat terlihat langsung ke luar pesawat, dan akan berpindah ke pesawat TNI dengan dibantu tim medis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan medis dari otoritas bandara. Ketika keluar dari pesawat terlihat para penumpang disemprot dengan cairan anti virus.

WNI dari Wuhan ini akan diterbangkan dari Bandara Hang Nadim Batam ke Bandara Raden Sadjad Natuna, Kepulauan Riau, dengan menggunakan pesawat milik TNI AU. Sementara itu ada tiga pesawat yang sudah disiapkan, yaitu pesawat Hercules C130, pesawat Boeing 737-400, dan satu pesawat milik TNI AU lainnya. (yan)