Kastara.id, Jakarta – Lewat ajang pameran kendaraan niaga Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (1/3), PT Astra International-UD Trucks Sales Operation mengenalkan truk ringan UD Trucks terbaru mereka untuk pasar Indonesia, Kuzer.

Astra pun langsung berambisi menjadikan Kuzer pemimpin pasar truk ringan di Indonesia. Seperti diketahui, saat ini segmen truk ringan masih didominasi oleh produk-produk Mitsubishi Fuso yang meraup tak kurang dari 58,1 persen pada penjualan 2017 lalu, diikuti Hino 19,8 persen, dan Isuzu 18,9 persen.

Namun Astra meyakini Kuzer mampu mengusung ambisi tersebut dengan optimistis. Apalagi dapur pacunya dibekali daya keluaran maksimum setara 150 tenaga kuda (hp) dan torsi 25 persen lebih besar dari produk truk ringan pesaingnya.

Ambisi Astra didukung pula oleh kondisi pasar kendaraan niaga, khususnya truk ringan, yang mulai membaik sekaligus mendorong keputusan Astra UD Truck memperkenalkan Kuzer ke pasar otomotif Indonesia.

“Kami yakin ini adalah waktu yang sangat tepat untuk memperkenalkan inovasi terbaru produk kami, Kuzer,” ujar CEO Astra UD Trucks Aloysius Chrisnoadhi.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan bahwa segmen truk meningkat sebesar 33 persen pada tahun 2017 dan khusus truk ringan dengan kapasitas angkut 5-10 ton naik 23 persen.

Sementara di sisi lain gerak roda pembangunan infrastruktur juga terus dipacu oleh pemerintah yang berdampak terciptanya peluang tumbuhnya pasar kendaraan niaga.

“Partisipasi Astra UD Trucks dalam pembangunan infrastruktur Indonesia kami harapkan akan mengarah pada kenaikan laju pertumbuhan ekonomi,” papar Aloysius. (dwi)