KWT Jahe Manis

Kastara.ID, Jakarta – Guna Mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi, Komunitas Wanita Tani (KWT) Hebat Mandiri Istimewa (Jahe Manis) Kelurahan Jatimulya menanam berbagai macam sayuran. Sayuran ditanam di lahan seluas 30 meter di RT 01 RW 04.

Lurah Jatimulya Epi Ardini mengatakan, para ibu yang tergabung dalam KWT Jahe Manis kompak menggeliatkan kembali kegiatan menanam di wilayahnya. Karena keterbatasan lahan, mereka memanfaatkan Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum).

“Untuk kegiatan menanam ini, KWT Jahe Manis dibantu kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta aparatur kelurahan,” katanya seperti dilansir di situs rresmi Pemkot Depok (1/3).

Dijelaskannya, sayuran yang ditanam meliputi sawi, kangkung, bayam, dan pakcoy. Jenis sayuran ini banyak dibutuhkan dan disukai warga setempat.

“Bibit sayuran kami dapatkan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian (DKPPP) Kota Depok,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat di Kelurahan Jatimulya juga mulai menggairahkan kegiatan menanam dengan memanfaatkan  pekarangan rumah, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sayuran memiliki banyak manfaat dan mudah perawatan, hasilnya juga bisa dikonsumsi semua kalangan,” tandasnya. (lan)