Kastara.id, Jakarta – Perum DAMRI menggandeng Grab dan OVO sebagai platform pertama untuk mendukung konektivitas tanpa hambatan di seluruh terminal DAMRI di Indonesia. Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan di Jakarta, Selasa (2/4).

Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen bersama Grab dan OVO untuk tidak hanya menyediakan layanan transportasi yang nyaman, aman, dan terjangkau, tetapi juga pembayaran cashless bagi masyarakat Indonesia, khususnya pelanggan DAMRI.

DAMRI, Grab, dan OVO bersinergi mendukung seamless connectivity (konektivitas tanpa hambatan) sekaligus pembayaran non tunai (cashless payment) bagi pelanggan DAMRI dan Grab di seluruh Indonesia.

Para pelanggan DAMRI kini dapat melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi titik penjemputan resmi Grab dan langsung memesan layanan transportasi aman dan nyaman lewat GrabCar maupun GrabBike.

Kerja sama strategis dengan Grab diharapkan dapat membuka lebih banyak akses pelanggan dan masyarakat Indonesia kepada jenis transportasi lainnya sebagai bagian dari usaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang memanfaatkan jasa dengan opsi pembayaran yang cepat, mudah, serta cashless.

“Kami akan terus bekerja lebih keras untuk menopang sistem transportasi yang ada di seluruh Indonesia dan semoga dapat menjadi contoh yang baik bagi kehadiran layanan pemesanan transportasi berbasis online dan opsi pembayaran cashless di lokasi-lokasi fasilitas umum di Indonesia,” ujar Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha Perum DAMRI Tatan Rustandi dalam keterangannya.

Dengan berkembangnya ekosistem, Grab saat ini senantiasa berinovasi dan menemukan beragam cara untuk memberikan layanan terpercaya dan relevan bagi para konsumen. Kerja sama dengan DAMRI akan memberikan kemudahan akses berbagai jenis transportasi first and last mile yang dapat terintegrasi dan dinikmati pelanggan DAMRI.

“Dengan basis pelanggan kami yang tersebar di delapan negara di Asia Tenggara dengan jumlah unduhan aplikasi Grab sebanyak lebih dari 90 juta, kami melihat kehadiran Grab secara resmi di terminal DAMRI di seluruh Indonesia ke depannya dapat mendukung tujuan DAMRI untuk menyediakan kemudahan akses kepada pelanggannya, baik masyarakat Indonesia maupun wisatawan asing untuk menikmati layanan mereka dari terminal DAMRI ke tujuan mereka di seluruh kota di Indonesia,” tambah Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia.

Sementara Direktur OVO Johnny Widodo, mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk inisiatif OVO membangun budaya pembayaran transaksi elektronik untuk mewujudkan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT), dimulai dengan pengalaman pembayaran digital yang simple dan aman dengan OVO.

“Saat ini OVO sudah memiliki 9.5 juta basis pengguna dan ke depannya kami yakin antusiasme masyarakat akan pembayaran digital akan terus bertumbuh. Karena itu kami juga mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan layanan dan akses yang luas dan tersedia di semua tempat, salah satunya dengan hadir di titik-titik terminal DAMRI,” jelas Johnny.

Dengan sinergi ini, pelanggan DAMRI dapat menikmati fitur GrabCar, GrabBike, maupun GrabNow yang akan mempermudah pemesanan. Penumpang cukup mengunjungi titik penjemputan Grab atau GrabShelter yang terletak di terminal DAMRI.

Petugas Grab akan membantu pemesanan instan bersama dengan petugas yang membantu memindahkan barang bawaannya. Penumpang tentunya akan mendapatkan tarif Grab sesuai aplikasi yang sudah disetujui di awal dan kepastian harga yang terjangkau. Pelanggan Grab juga dapat menukarkan poin GrabRewards untuk mendapatkan tiket DAMRI dengan metode scan barcode/kode kupon. (*)

Reporter: Koes Biantoro-Kastara.ID
Editor: Dwi