Kastara.id, Depok – Rumah seluas 3×9 meter yang terletak di RT 01/RW 06 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, tampak sedang dikerjakan perbaikannya sejak Jumat (30/3) lalu.

Pemiliknya, Marsanih (65 tahun), terlihat gembira tempat tinggalnya bakal menjadi lebih layak huni. Mendapat perhatian Wali Kota Depok Mohammad Idris dan warga, rumah Marsanih kini sedang proses perbaikan secara cuma-cuma.

Perbaikan rumah Marsanih diperkirakan akan rampung 27 April 2018, tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok yang ke-19.

Wali Kota Depok Mohammad Idris sangat tersentuh dengan kondisi Marsanih. Saat meninjau langsung di lokasi perbaikan, Senin (2/4), dirinya memberikan bantuan tunai Rp 2 juta.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan warga Bedahan sudah sangat bagus. Hal itu membuktikan masih hidupnya kepedulian masyarakat akan lingkungan sekitar.

“Kepedulian RT, RW, LPM dan warga seluruhnya sudah bagus sekali dan harus dicontoh oleh wilayah lainnya,” ujar Mohammad Idris usai meletakkan batu pertama pembangunan dan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Wali Kota hadir didampingi Camat Sawangan Zaenuddin dan Lurah Bedahan Jamhurobi.

Mendapat perhatian dan bantuan langsung dari Wali Kota, Marsanih mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang diberikan oleh Pemkot Depok. Selain merasa bersyukur, dirinya meyakini rumahnya bakal lebih nyaman untuk dihuni.

“Alhamdulillah rumah saya dapat perhatian dari Bapak Wali Kota, saya mengucapkan banyak terima kasih. Saya doakan Bapak Wali panjang umur dan sehat selalu,” ujarnya.

Hingga kini seluruh RTLH memang belum bisa ditanggung perbaikannya oleh Pemkot Depok. Sejak tahun 2012, tercatat setiap tahunnya Pemkot Depok melakukan rehab RTLH sebanyak 500 rumah sejak tahun 2012. Perbaikan terbanyak pada tahun 2015 sebanyak 1115 RTLH.

Menurut Wali Kota, pihaknya terus memperbaiki data, berapa RTLH yang sudah diperbaiki sejauh ini. “Akurasi dan validasi data sangat dibutuhkan, agar tidak ada pengulangan rumah yang sama untuk direhab,” tandasnya. (*)

Reporter: Rudi Irwanto-K:astara.ID
Editor: Dwi