Bimtek

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 13 peserta perwakilan dari tujuh provinsi di Indonesia, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) tentang kultur jaringan anggrek dan pisang yang dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman (UPT-P2BPT) Provinsi DKI Jakarta.

Kepala UPT P2BPT DKI Jakarta Ali Nurdin mengatakan, 13 peserta yang ikut kegiatan ini berasal dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, Maluku Utara, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Menurutnya, bimtek ini merupakan kegiatan Direktorat Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI yang pelaksanaannya dipercayakan kepada UPT P2BPT DKI Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 25 Maret hingga 5 April 2021.

“Kita dipercaya untuk melaksanakan bimtek ini, karena memiliki sarana dan prasarana serta tenaga pengajar yang memadai,” ujarnya (31/3).

Dia menjelaskan, dalam bimtek ini para peserta mendapat materi tentang proses kultur jaringan berupa cara perbanyakan secara vegetatif dan generatif pada tanaman anggrek dan pisang. Mulai dari proses penaburan biji-biji, pembuatan media tanam dan seterusnya. Selain itu peserta juga dapat belajar sub kultur sampai dengan aktimalisasi.

“Diharapkan nantinya para peserta bisa mengaplikasikan dan mengembangkan pengetahuan yang didapat dari kegiatan ini di daerahnya masing-masing,” pungkas Ali Nurdin. (hop)