ACT Depok

Kastara.ID, Depok – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Depok telah resmi menghadirkan program Humanity Care Line (HCL). Program ini difokuskan pada pemenuhan kebutuhan pangan di saat pandemi Covid-19 saat ini. Layanan distribusi beras gratis berbasis digital untuk masyarakat yang terdampak, seperti kesulitan pangan akibat pandemi Covid-19.

Djundi dari ACT mengatakan, Hummanity Careline ini sendiri sudah berjalan sejak 27 April 2020 di Kota Depok. Kapasitas layanannya sebanyak 300 pack beras setiap harinya, masing-masing pack 5 kg, atau total senilai 1,5 ton beras per hari.

“Mohon doanya agar selanjutnya ACT Depok dapat melakukan peningkatan menjadi 500 pack/hari. Program HCL yang sedang berjalan ini alhamdulillah dapat memenuhi kebutuhan pangan 300 Kepala Keluarga (KK) di Depok setiap harinya,” kata Djundi.

”Bagi masyarakat Depok yang mengalami kesulitan pangan selama pandemi Covid-19 silakan menghubungi Layanan Telepon Bebas Pulsa Aksi Cepat Tanggap (ACT) di nomor 0800-1-165-228, saat ini total ada 50 line, kemudian mitra ojek daring akan mendistribusikan beras tersebut secara door to door kepada masyarakat penerima manfaat,” imbuhnya.

Untuk mendapatkan beras gratis melalui layanan Humanity Careline, pertama, sampaikan permintaan melalui Layanan Telepon Bebas Pulsa (0800-1-165-228) oleh penerima manfaat atau diwakilkan oleh keluarga, tetangga, tokoh masyarakat atau Ketua RT/RW.

Kemudian pihak ACT akan melakukan proses administrasi, verifikasi, dan analisa data calon penerima manfaat melalui pesan Whatsapp.

Apabila lulus proses verifikasi, maka selanjutnya data penerima manfaat akan diteruskan kepada tim distribusi yang berlokasi di Kodim 0508 Depok untuk kemudian berkoordinasi dengan tim lapangan di titik pengambilan beras.

Tim distribusi Humanity Careline juga akan meneruskan data distribusi kepada mitra ojek daring, sehingga pengantaran dapat dilakukan secara cepat ke beberapa lokasi sekaligus dalam satu proses pengiriman beras. (*)