MotoGP Spanyol 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Jerez – Pembalap satelit Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi menjalani Latihan Bebas hingga kualifikasi MotoGP Spanyol dengan hasil mengecewakan. Bahkan Rossi masih mengeluhkan masalah yang sama selama bertahun-tahun ini.

Kurangnya daya cengkeram ban belakang masih menghantui Rossi, membuatnya kesulitan walau sudah melakukan banyak perubahan dan uji coba.

Selain kecewa dengan masalah ban, namun apa yang sebenarnya terjadi?

“Saya tidak mendapat grip di bagian belakang. Saya tidak cepat dalam satu lap, saya juga tidak mendapat ritme,” ungkap Rossi di hari pembuka MotoGP Spanyol.

“Ban belakang tidak memberi saya pegangan. Kami telah mencoba banyak hal. Hari ini bahkan dengan dua motor yang sangat berbeda. Tapi kami tidak dapat menemukan solusinya dan kami kehabisan ide,” jelas Rossi seperti dilansir Motosan.

“Dari segi teknis, kami telah mencoba banyak. Kami akan mencoba melakukan sesuatu besok. Dan kami juga berharap kondisi di lintasan akan membaik, karena biasanya daya cengkeram membaik dari hari ke hari,” paparnya.

Masalah utama Rossi di Jerez masih seputar ban. “Situasinya cukup sulit karena saya mengalami masalah yang sangat besar dengan grip roda belakang selama beberapa waktu, terutama setelah beberapa lap. Saya terlalu banyak spin. Saya sering mengalami masalah ini dalam beberapa tahun terakhir. Terkadang sedikit berbeda, tapi selalu sangat mirip. Ban belakang tampak sangat empuk sekarang. Tapi saya lebih suka ban keras sepanjang karier saya. Bannya seperti itu, yang lain bisa menjadi kuat, jadi kami harus mencoba menghadapi situasi ini,” katanya.

Masalah yang dihadapi Rossi disebut-sebut juga dipengaruhi oleh tekanan usianya.

“Tidak, saya tidak merasakan banyak tekanan. Secara fisik saya baik-baik saja, masalahnya saya kurang cepat. Kalau tidak, saya tidak punya masalah khusus. Mengendarai motor dan berada di sini saat bekerja itu bagus, itu bagus. Namun, hasilnya sangat penting. Anda harus kuat dan mungkin tidak selalu untuk kemenangan, tapi Anda harus berjuang untuk podium. Jadi saya tidak senang karena saya tidak cepat. Dan saat Anda lambat, itu tidak terlalu menyenangkan,” terang Rossi. (tra)