BUMN

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya buka suara terkait penunjukan gitaris grup band Slank, Abdi Negara Nurdin, sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia. Erick menyatakan, pihaknya mempunyai rencana tersendiri dengan menempatkan pria yang akrab disapa Abdee Slank itu menjadi salah satu komisaris independen di Telkom.

Saat memberikan keterangan di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (2/5), Erick menyatakan pihaknya ingin mendorong pengembangan konten lokal pada Telkom. Erick menyebut mendapat banyak challenge atau tantangan menempatkan musisi di salah satu BUMN. Itulah sebabnya Erick mempertanyakan apa salahnya jika ada musisi yang menjadi komisaris di perusahaan telekomuniasi milik negara, baik Telkom maupun Telkomsel.

Bos Grup Mahaka Media ini berharap PT Telkom Indonesia tidak hanya menjadi perusahaan telekomunikasi. Erick berharap Telkom juga menjadi perusahaan digital yang mampu mengikuti perkembangan teknologi. Erick tidak ingin Telkom hanya menjalani bisnis konvensional saja, seperti telepon dan pesan singkat atau Short Message Service (SMS).

Mantan Presiden Klub Internazionale Milano atau Inter Milan, Italia ini berharap, ke depan Telkom bisa melahirkan inovasi-inovasi melalui bisnis digital. Erick mencontohkan, di masa pandemi Covid-19 banyak musisi kehilangan panggung untuk berkreasi. Penyelenggaraan konser virtual seharusnya bisa menjadi alternatif dan mengakomodasi para musisi. Terlebih Telkom memiliki layanan digital, yakni Indihome.

Lebih jauh, Erick menyatakan saat ini layanan digital seperti Netflix, Disney Plus, dan sebagainya sudah banyak memberikan kemudahan kepada masyarakat. Erick menyatakan, Telkom ingin membangun serupa layanan itu dengan lebih banyak menyajikan konten lokal. Di sisi inilah menurut Erick diperlukan kehadiran figur seniman seperti Abdee Slank.

Tidak hanya Abdee, Erick menyebut kehadiran mantan Menristek Bambang Brodjonegoro juga diperlukan untuk turut membangun Telkom menghadapi tantangan ke depan. Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin Ma’ruf pada Pilpres 2019 ini pun meminta agar penunjukan Abdee Slank sebagai komisaris Telkom tidak ditanggapi dengan kegaduhan. Sebagai Menteri BUMN, Erick menegaskan, pihaknya mengangkat direksi dan komisaris bertujuan agar tercipta banyak transformasi, khususnya di masa pandemi. (ant)