Kastara.ID, Jakarta – Aksi penggalangan dana untuk perjuangan kemerdekaan Palestina yang dilakukan penceramah Ustadz Adi Hidayat (UAH) ternyata mendapat dukungan berbagai kalangan. Meski sempat mendapat fitnah dari pihak yang tidak bertanggung jawab, gerakan tersebut disambut baik banyak pihak. Termasuk dari kalangan partai politik.

Pada Selasa (1/6) petang kemarin, Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan menyerahkan donasi sebesar Rp 3,7 miliar. Zulhas, panggilan Zulkifli Hasan, menyerahkan secara langsung di kediaman UAH di Bekasi, Jawa Barat. Zulhas menyebut uang tersebut adalah hasil donasi yang digalang PAN dalam tempo dua jam. Hal ini menurut Zulhas menunjukkan animo pengurus dan anggota PAN terhadap perjuangan Palestina sangat besar.

Zulhas menerangkan, pihaknya mempercayakan donasi kepada UAH lantaran penceramah alumni Kuliyya Dakwah Islamiyyah, Tripoli, Libya itu adalah sosok terpercaya dan amanah. Selain itu jaringan yang dimiliki UAH cukup luas. Sehingga donasi dipastikan bisa sampai kepada pihak yang membutuhkannya.

Penyerahan donasi ini sekaligus membantah fitnah yang dilayangkan pihak-pihak tertentu kepada UAH. Zulhas menegaskan, PAN memberikan dukungan penuh terhadap gerakan UAH yang sempat diterpa isu miring soal penggalangan dana untuk Palestina baru-baru ini.

Mantan Menteri Kehutanan itu menuturkan,  framing dan fitnah yang sempat beredar sama sekali tidak berdasar. Zulhas menegaskan, semua pihak perlu bersama-sama memerangi narasi-narasi yang mengarah pada perpecahan dan pembelahan.

Wakil Ketua MPR ini juga memperingatkan agar jangan ada pihak yang mencoba membenturkan Islam dengan pemerintah.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno yang turut dalam kunjungan itu menyatakan, pihaknya tidak menyangka animo yang ditunjukkan sangat besar. Itulah sebabbya Eddy menuturkan pihaknya segera menyerahkan donasi tersebut kepada yang berhak menerima melalui UAH.

Turut hadir dalam kunjungan sekaligus penyerahan donasi tersebut Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay Ketua Komisi VIII Yandri Susanto;l, dan Wakil Ketua Komisi III Pangeran Khairul Saleh. Donasi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Zulhas kepada UAH. Dana tersebut akan dialokasikan untuk membiayai 280 anak yatim di Gaza, Palestina. (ant)