Benny Wenda DWBenny Wenda. (DW)

Kastara.ID, Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut ada keterlibatan kelompok asing terkait serangkaian kesuruhan yang terjadi di Papua. Salah satunya adalah keterlibatan Benny Wenda, tokoh separatis Papua. Tito menjelaskan, berdasarkan informasi intelijen ditemukan adanya keterlibatan pihak asing dalam kerusuhan yang terjadi di Papua. Polri saat ini sedang melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder, khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemlu), untuk menyikapi masalah tersebut.

Pernyataan Tito tersebut dibenarkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Benny Wenda dituding telah melakukan mobilisasi massa. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Benny Wenda dari Australia dan Inggris.

Moeldoko menambahkan, persoalan di Papua adalah masalah politik, sehingga pendekatannya harus secara politis pula. Mantan Panglima TNI menyebut penyelesaian masalah Papua tidak bisa dilakukan dengan pendekatan militer.

Moeldoko meyakini bahwa masalah di Papua pasti ada jalan keluarnya. NKRI sudah final, persoalan integrity negara sudah disepakati no way. (rya)