Vaksinasi

Kastara.ID, Depok – Hari pertama pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cipayung menjaring sebanyak 655 pendaftar. Dari jumlah tersebut, 628 orang di antaranya berhasil divaksin.

“Jumlah peserta yang mendaftar pada hari pertama gebyar vaksinasi kemarin (1/9) ada 655 orang. Namun yang lolos skrinning dan berhasil divaksin 628 orang,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cipayung, Hasan Nurdin, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis (2/9).

Dikatakannya, 27 orang yang tidak lolos skrinning kesehatan disebabkan beberapa faktor. Antara lain tekanan darah tinggi, penyintas yang belum tiga bulan, penyakit auto imun, suhu tubuh lebih dari normal, serta Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang belum tervalidasi di Dinas Kependudukan dan PencatatanSipil (Disdukcapil).

“Target kami 700 orang karena jumlah tenaga kesehatan yang terbatas di hari pertama. Untuk hari-hari selanjutnya, akan kami tingkatkan target menjadi 1.000 orang per hari,” terangnya.

Hasan berharap, melalui vaksinasi tersebut dapat mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Dengan begitu, penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir.

“Kegiatan ini bisa menfasilitasi masyarakat yang belum divaksin. Mudah-mudahan, terbentuk herd immunity yang baik, sehingga kita bisa menekan kasus Covid-19 di Kota Depok,” tutupnya. (dha)