PDIP

Kastara.ID, Jakarta – Kakak dari Megawati Soekarnoputri, Guntur Soekarnoputra, menilai, sosok Joko Widodo paska purna bhakti presiden layak menempati posisi Ketua Umum PDI Perjuangan.

“Kapasitas Jokowi memang layak menempati posisi tersebut. Pengalamannya juga sudah lebih dari cukup untuk menjadi ketum,” ungkap Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M Jamiluddin Ritonga, lepada Kastara.ID di Jakarta, Senin (2/10) pagi.

Menurut Jamil, Jokowi juga dinilai memahami ajaran Soekarno. Hal itu dapat dilihat dari kebijakan yang diambilnya selama menjadi presiden.

“Masalahnya, apakah Megawati mau menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan PDIP kepada Jokowi? Hal itu kemungkinan sangat kecil mengingat Megawati tampaknya sudah mempersiapkan anaknya untuk menggantikannya,” tandas Jamil.

Ditambahkannya, ada dua anaknya yang potensial untuk menggantikannya. Keduanya adalah Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

“Puan selama ini lebih banyak disiapkan mewakili Megawati dalam urusan eksternal. Karena itu, Puan banyak bertemu dengan pimpinan partai,” jelas Jamil lagi.

Prananda tampaknya ditugasi untuk membenahi internal partai. Karena itu, Prananda lebih banyak melakukan konsolidasi ke dalam partai.

“Jadi, Puan dan Prananda sama-sama berpeluang untuk menjadi ketum PDIP. Namun karena masalah internal lebih banyak dipercayakan kepada Prananda, ada kemungkinan ia yang lebih disiapkan untuk menggantikan Megawati,” pungkas Jamil. (dwi)