Jupiter Aerobatic Team

Kastara.id, Mataram – Sejumlah persiapan dilakukan jelang puncak penyelenggaraan lomba maraton bertajuk TNI International Marathon 2018 yang akan dilaksanakan pada Minggu 4 November 2018 di Pantai Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah atraksi pesawat dari tim Jupiter Aerobatik yang melakukan manuver di udara selama kurang lebih 20 menit di atas pantai Kuta, Lombok, di Kawasan Mandalika.

Pantauan di Pantai Kuta, Mandalika, Jumat (2/11), sebanyak enam pesawat KT-01 Wong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team bermanuver dengan membentuk beragam formasi.

Formasi The Jupiter Team dipimpin oleh Leader Letkol Pnb Marcell “Liger” Dirgantara, atau sebagai Jupiter 1 yang saat ini kesehariannya menjabat sebagai Danskadik 102. Posisi baru di tim Jupiter adalah Navigator for Leader yaitu Letkol Pnb M. Yunus “Bradox”. Jupiter 2 atau Right Wingman adalah Mayor Pnb Oktav “Kujang“. Sebagai Jupiter 3 atau Left Wingman Mayor Pnb Dika “Kingkong” Mahendra, Jupiter 4 atau Slot Mayor Pnb Iwan “Gobang” Setiawan, Jupiter 5 Mayor Pnb Habibie “Corbie”, Jupiter 6 atau Lead Syncro Mayor Pnb Idam Satria dan Jupiter 7 Narator adalah Mayor Pnb Ngurah “Viper”.

Team Aerobatik TNI AU kebanggaan Indonesia “The Jupiter Aerobatic Team” akan tampil di The Indonesian National Armed Forces Mandalika International Marathon 2018 sekaligus memperingati HUT 73 TNI.

Sebelumnya, Team Aerobatik TNI AU kebanggaan Indonesia didatangkan dari Lanud Adisutjipto di Yogjakarta. Sebelum melakukan atraksi di Lombok Tim dibriefing oleh Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Tedi Rizalihadi yang menekankan kembali penerapan kedisiplinan tinggi kepada seluruh tim.

“Jaga kesehatan dan yang kedua jaga keamanan dan keselamatan. Sebab situasi dan kondisi alam di daerah Lombok belum kita ketahui. Tetap alert pada saat melaksanakan gladi sampai dengan saat tampil pada 4 November mendatang,” tegasnya. (put)