Headline

Warga RW 01 Rawageni Pelopori Pembuatan Lubang Resapan Biopori

Kastara.id, Depok- Bertempat di RW 01 Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung (2/11), Wali Kota Depok Mohammad Idris mencanangkan satu juta lubang Biopori untuk menyelamatkan air tanah untuk kehidupan di masa datang, buat anak cucu kelak.

Pencanangan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Dinas PUPR Manto, Kepala Dinas DKLH Etty Suryahati, Camat Cipayung Asep Rahman, Lurah Ratujaya Sabarudin, Lurah Cipayung Herman, Ketua RW 01 Jaelani, dan para tokoh masyarakat.

Untuk pencegahan kekeringan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengantisipasinya dengan pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB). Kegiatan ini dilakukan juga sebagai pencanangan atau percontohan untuk masyarakat, agar melakukan upaya serupa.

“Hari ini pembuatan 50 lubang biopori di lahan warga yang dipinjamkan. Tujuannya selain sebagai bentuk antisipasi kekeringan, kegiatan ini juga sebagai bahan percontohan, agar seluruh masyarakat di Kota Depok ikut melakukan hal serupa. Nantinya tiap RT (rukun tetangga) harus membuat 17 lubang resapan air Biopori,” ujar Wali Kota Depok.

“Saat ini air tanah sudah mulai mengalami degradasi, sehingga untuk mengembalikan air tanah diperlukan lubang biopori yang berfungsi sebagai resapan. Karena itu, inisiatif warga RW 01 Kampung Rawageni yang sudah membuat lubang biopori harus dicontoh,” ucap Idris.

Sedangkan Kadis DKLH Etty Suryahati mengatakan sangat menghargai keadaran wagra Ratujaya. “Alhamdulillah, kesadaran RW 01 Kelurahan Ratujaya ini sudah cukup baik. Pasalnya, lubang biopori sudah dibuat di beberapa lokasi seperti di halaman rumah, halaman masjid, dan lain-lain. Mudah-mudahan aksi ini bisa diikuti warga lainnya,” tuturnya.

“Untuk mendukung pembuatan lubang resapan air, targetnya mencapai satu juta lubang biopori. Mudah-mudahan melalui sosialisasi secara masif, target tersebut bisa terealisasi,” ucap Etty. (rud)

Leave a Comment

Recent Posts

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…