Mochamad Iriawan

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Kapolda Metro Jaya Mochammad Iriawan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI yang baru dalam kongres luar biasa PSSI berlangsung di Hotel Sangri-La, Jakarta, Sabtu (2/10).

Mochammad Iriawan yang dikenal dengan nama kecil “Iwan Bule”, terpilih setelah menang mutlak 82 suara, mengalahkan dua kandidat ketua lainnya yakni Arif Putra Wicaksono dan Rahim Soekasah.

Suasana kongres sebelumnya sempat memanas lantaran enam kandidat ketua umum PSSI ramai-ramai walk out dari arena kongres luar biasa. Mereka yang walk out menyatakan diri diusir oleh pimpinan sidang kongres Ratu Tisha Destria. Tercatat nama La Nyalla Mattalitti juga menarik diri sebagai calon ketua umum PSSI dan tidak hadir ke arena kongres.

Iwan Bule mendapat saingan berat dari kandidat Ketua Umum PSSI Vijaya Fitriyasa. Sementara Idham Azis saat ini baru saja dilantik sebagai Kepala Kepolisian RI.

Terpilihnya Iwan Bule juga disertai kontroversi oleh pesaing terkuatnya Vijaya Fitriyasa, yang melontarkan sinyalemen bahwa Iwan Bule didukung oleh kartel sepakbola. Ia juga menyebut Iwan mendapat restu dari panitia Kongres Luar Biasa untuk duduk sebagai orang nomor satu PSSI. (sud)