MotoGP 2019

Kastara.ID, Sepang — Tim satelit asal Malaysia Petronas Yamaha SRT menjalani debut manis di MotoGP musim 2019 ini. Diperkuat pembalap Italia Franco Morbidelli dan pembalap Prancis Fabio Quartararo, di tahun pertamanya Petronas menggunakan satu motor Yamaha M1 spek A untuk Morbidelli dan satu spek B untuk Quartararo.

Menghadapi balapan kandang di Grand Prix Malaysia, Petronas saat ini berada di posisi keempat klasemen tim, serta memimpin di klasifikasi Tim Satelit dengan 58 poin.

Selama 2019, tim asal Malaysia ini meraih posisi start barisan depan sebanyak empat belas kali, dengan empat posisi pole dan enam raihan podium. Hasil gemilang ini membuat Petronas mengupgrade paket motor untuk Quartararo dari spek B ke spek A.

Artinya, El Diablo akan menggunakan motor pabrikan yang sana dengan Morbidelli, Valentino Rossi, dan Maverick Vinales mulai 2020.

“Ini adalah musim pertama yang luar biasa untuk Petronas Yamaha Sepang Racing Team di MotoGP. Kami sangat berterima kasih kepada Petronas atas komitmen mereka dan Yamaha atas kepercayaan mereka pada kami untuk mewujudkannya. Baik Morbidelli dan Quartararo, telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kesuksesan kami tahun ini, dan memiliki mesin yang sama untuk kedua pembalap kami akan memungkinkan untuk mencapai hal-hal yang lebih baik. Kami sangat bangga dapat membuat pengumuman ini di Malaysia, rumah bagi Petronas dan tim,” papar Kepala Tim Razlan Razali dalam rilis resmi MotoGP.

“Kami sangat senang untuk mengkonfirmasi bahwa kami telah mencapai kesepakatan di Sepang, untuk Tim Balap Yamaha Petronas untuk menurunkan dua motor YZR-M1 spek A untuk musim 2020,” imbuhnya.

Penampilan Morbidelli dan Quartararo sangat bagus tahun ini dan ditunjukkan oleh prestasi para pembalap dan tim di berbagai peringkat kejuaraan yang telah mereka raih sejauh ini, baik secara individu maupun sebagai tim.

Dukungan Petronas untuk tim baru ini sangat penting dalam memungkinkan tim untuk membuat langkah lebih lanjut untuk tahun 2020 dengan dua motor spek A.

“Yamaha berkomitmen untuk menyediakan dukungan terbaik kami untuk tim dan pembalap, memungkinkan mereka membuat kemajuan lebih lanjut pada tahun 2020, dengan kemenangan balapan serta mudah-mudahan mencapai pebalap terbaik dan gelar Tim,” kata Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing Lin Jarvis. (sud)