Menwa Jayakarta

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri Pengangkatan Anggota Kehormatan Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia dan Pelantikan Danmenwa beserta Staf Komando Resimen Mahasiswa Jayakarta Periode 2021-2024 di Balai Kota, Selasa (2/11) pagi.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies menyebut bahwa Resimen Mahasiswa dapat menjadi wahana untuk menumbuhkembangkan potensi kepemimpinan mahasiswa. “Menwa bukan sekadar mengantisipasi masalah kekinian, tetapi tempatkan Menwa sebagai wahana menyiapkan kepemimipinan di masa depan. Di tempat ini ditempa, ditumbuhkan potensi kepemimpinan, menjadi pribadi tangguh dan memberikan manfaat bagi semua,” ujar Gubernur Anies, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

“Wahana pelatihan kepemimpinan ini adalah menyadari bahwa menjadi pemimpin itu harus setiap ucapannya, tindakannya diikuti secara suka rela oleh yang dipimpin. Jika hal tersebut dilakukan, maka pribadi-pribadi yang ada di Menwa akan sangat siap berkiprah di mana pun berada,” tambahnya.

Gubernur Anies sendiri merasakan bagaimana hasil pelatihan kepemimpinan Menwa. Karena partnernya di pemerintahan saat ini, yakni Wakil Gubernur Ariza merupakan anggota Menwa dan kini menjadi Komandan Batalyon 15 Menwa Jayakarta.

“Saya pribadi merasakan hasil dari pelatihan kepemimpinan di Menwa setelah berpartner dengan Pak Wagub. Dalam menjalankan amanat di Jakarta, kami bisa saling support dan topang. Sehingga hal itu membuat bila soliditas di puncak kuat dan baik, maka itu akan diturunkan ke seluruh jajaran ke bawah dengan baik juga,” jelas Gubernur Anies.

Dalam acara tersebut Gubernur Anies juga diangkat menjadi anggota kehormataan Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia. Gubernur Anies mengungkapkan rasa terima kasih sekaligus berharap agar Menwa semakin maju ke depannya.

“Menjadi kehormatan bagi kami (pengangkatan anggota kehormatan). Ini adalah sebuah amanat dan semoga bisa interaksi lebih banyak di lingkar Menwa. Kita sadari ancaman ke depan bervariasi tetapi kita punya kecintaan negeri ini. Insya Allah Menwa kecintaannya ke negeri amat besar,” tandasnya.

Sementara Wagub Ariza menyampaikan apresiasi yang tinggi atas eksistensi dan kiprah Menwa Jayakarta selama ini, khususnya di masa pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir dua tahun. Ia bersyukur pandemi di Jakarta sudah mulai reda di bawah kepemimpinan Gubernur Anies. Menwa Jayakarta sejauh ini sangat aktif bergerak, dan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, melaksanakan kewajiban “bela negara” dalam kegiatan yang kontekstual dan dibutuhkan masyarakat.

“Bisa dikatakan, hampir tidak ada minggu yang tidak dilalui dengan kegiatan di lingkungan warga Jakarta, baik itu terkait donor darah (bersama PMI), bansos (bersama kelurahan) ataupun gerakan vaksinasi (bersama Dinas Kesehatan),” katanya. (hop)