UMKM

Kastara.ID, Depok – Depok Expo 2019 yang digelar di Mall DepokTown Squre (Detos) Jalan Margonda Raya Depok berlangsung tiga hari berturut turut (30-2/12). Berlangsung sangat meriah dengan pengunjung berdatangan untuk membeli barang kerajinan dan makanan di stan yang disediakan Dinas KUM (Dinas Koperasi dan Usaha Mikro) Kota Depok, dengan harga yang sangat terjangkau. Expo Depok 2019 ini rencananya ditutup malam ini, Senin (2/12).

Salah seorang pelaku UMKM binaan DKUM Depok, M. Todaro mengatakan, untuk omsetnya meningkat setelah mengikuti Depok Expo 2019 dan beberapa event yang dilaksanakan Pemkot Depok tahun ini.

Pemilik merek pempek Tussy ini mengatakan bahwa pada tahun ini difasilitasi DKUM  dipermudah untuk memperoleh perijinan usaha dan gratis dari Pemerintah Kota (Pemda) Depok.

Dan yang paling penting juga adalah bertambahnya teman sesama pelaku UMKM Kota Depok sehingga bisa saling sharing dan bertukar pikiran guna pengembangan usahanya.

Kepala Dinas DKUM Depok Fitriawan ketika ditemui di ruang kerjanya di Gedung Baleka II  mengatakan, sudah seharusnya terjadi kolaborasi antar berbagai pihak dalam pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro Kota Depok.

Kolaborasi ini dilakukan oleh pemerintah kota, dunia usaha, maupun komunitas UMKM sehingga produk-produk UMKM Depok bisa dikenal luas masyarakat, dikonsumsi, digemari, dan menjadi konsumsi tetap masyarakat Kota Depok dan sekitarnya. (*)