Pentahelix Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok menggelar peringatan Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember. Pada peringatan tersebut, diisi dengan penandatanganan yang diikuti oleh unsur Pentahelix Kota Depok sebagai bentuk Deklarasi Ending AIDS 2030.

Deklarasi kolaborasi dipimpin oleh Ketua KPA Kota Depok Khairudin dan disaksikan secara langsung oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono. Unsur Pentahelix meliputi akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media ikut berkolaborasi menyukseskan Deklarasi Ending AIDS 2030.

Ketua KPA Kota Depok Khairudin mengatakan, dalam deklarasi disampaikan kemitraan strategis multipihak untuk melanjutkan upaya ending AIDS pada tahun 2030. Hal tersebut dilakukan dengan beberapa cara yaitu mendorong peningkatan kolaborasi dari seluruh sektor untuk meningkatkan kebijakan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS khususnya di Kota Depok.

“Juga meningkatkan peran dan upaya pemerintah bersama masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS,” katanya saat membacakan deklarasi saat acara Peringatan Hari AIDS Sedunia di aula teratai Balai Kota Depok yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (1/12).

Khairudin melanjutkan, unsur Pentahelix tersebut juga melakukan percepatan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui tiga zero. Yaitu zero infeksi baru, zero kematian terkait AIDS, dan zero stigma dan diskriminasi.

“Kolaborasi sangat dibutuhkan dalam implementasi tiga zero penanggulangan AIDS untuk mewujudkan Kota Depok ending AIDS,” pungkasnya. (dha)