Kastara.ID, Ricardo Tormo — Performa pembalap Spanyol, Marc Marquez, di atas motor Ducati sangat mengejutkan mantan rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Lorenzo mengatakan dia tahu Marquez akan bisa cepat dengan motor Italia itu, namun dia tetap terkejut dengan daya adaptasi Marquez yang kelewat cepat.

Marquez untuk pertama kalinya mencoba Ducati di tes Valencia langsung menunjukkan kecepatannya.

“Saya telah melihat gambar pertama Marc, lap pertama yang dia lakukan dengan motornya dan kemudian ketika dia masuk pit, dia melepas helmnya. Dia terlihat sangat bahagia, seperti yang saya bayangkan,” ungkap Lorenzo kepada Twitch DAZN seperti dilansir Motosan.es.

Lorenzo mengatakan, dirinya yakin Marquez bisa cepat dengan Ducati, tapi tak menyangka akan secepat ini.

“Sebenarnya saya tidak menyangka akan melihatnya sejauh ini hanya dalam beberapa jam. Saya berharap di hari kedua dia akan memberikan kejutan, dia akan masuk tiga besar jika bukan yang tercepat. Melihat dia menjadi salah satu yang tercepat setelah beberapa jam mengenal motornya benar-benar lebih baik dari yang saya harapkan,” lanjutnya.

Marquez sempat menjadi yang tercepat di pertengahan tes, yang kemudian menempati urutan keempat di akhir hari.

“Dari luar sulit untuk mengetahui bagaimana perbincangan yang terjadi antara orang-orang penting di Ducati, mereka yang benar-benar mengambil keputusan. Dari pemahaman saya, yang sangat mendukung kedatangan Marc di Ducati adalah Dall’Igna,” imbuh Lorenzo.

“Yang lain ragu, mungkin karena beberapa faktor. Mungkin karena popularitas Marc di Italia, saya tidak tahu, saya bisa membayangkannya,” tandas X-Fuera.

“Saat ini pendapat saya… pembalap terbaik akan dipadukan dengan motor terbaik. Kita lihat saja apakah motor terbaiknya akan seperti ini, apakah akan seperti ini 100% atau 95%, masih harus dilihat. Tapi tidak diragukan lagi Marquez akan memiliki motor juara pada tahun 2024,” ujar Lorenzo.

Ducati total menurunkan delapan pembalap dengan pembagian empat motor pabrikan dan empat motor satelit.

Marquez dan adiknya, Alex Marquez, memdapat motor satelit atau Ducati GP23 yang akan mereka gunakan pada MotoGP 2024 mendatang. (tra)