Kastara.ID, Jakarta – Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Doni Akbar mengimbau hendaknya bantuan corporate social responsibility (CSR) dari Badan Usaha Millik Negara (BUMN) tidak hanya diberikan pada saat kejadian banjir saja, namun juga saat pasca kejadian bencana. Bantuan pasca kejadian bencana tersebut, bisa berupa bantuan perumahan dan bantuan jalan sesuai dengan kebutuhan warga sekitar yang terdampak banjir.

“Kalau dari BUMN, seperti kawan-kawan Pertamina memang sudah banyak bantuan yang mereka lakukan pada korban banjir di Jabodetabek. Untuk bantuan CSR dari BUMN, hendaknya juga dilakukan pasca kejadian. Mereka harus lihat apa bisa dikerjakan, seperti bantuan perumahan, bantuan jalan dan sebagainya,” ujar Doni saat mengunjungi dan memberikan bantuan dari DPR RI kepada Korban Banjir yang mengungsi di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (3/1).

Meski demikian, Anggota Komisi VI DPR RI ini mengapresiasi hadirnya Kementerian BUMN yang membantu dalam pembentukan tim bantuan dukungan banjir di wilayah Jabodetabek. Kementerian BUMN menempatkan empat orang perwakilan di masing-masing sektor yang sudah dibentuk, yaitu di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Bogor, dan Bekasi.

Seperti diketahui, bantuan dari CSR BUMN terhadap korban banjir Jabodetabek berupa berupa logistik, makanan, obat-obatan, peralatan evakuasi, seperti perahu karet dan lain-lainnya. Selain itu, politisi Fraksi Partai Golongan Karya ini mendorong stakeholder terkait baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk fokus pada keselamatan, kesehatan dan keamanan warga.

“Tapi yang sekarang harus menjadi perhatian utamanya adalah keselamatan, kesehatan dan keamanan warga dulu. Keselamatan jiwa yang jadi prioritas utama. Setelah itu, nanti kita akan dorong CSR BUMN untuk memberikan bantuan lebih lanjut,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah X ini. (rso)