Black Hawk

Kastara.ID, Jakarta – Sebuah helikopter Black Hawk jatuh di area pegunungan dekat ibukota Taipei. Sedikitnya delapan pejabat senior militer Taiwan tewas dalam kecelakaan tersebut, termasuk Panglima Militer atau Kepala Staf Jenderal Taiwan, Jenderal Shen Yi-ming.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Jumat (3/1), Shen tewas bersama tujuh pejabat militer lainnya, yang tiga di antaranya diketahui berpangkat Mayor Jenderal, dalam kecelakaan maut yang terjadi pada Kamis (2/1) waktu setempat. Kecelakaan itu terjadi saat Shen yang berusia 62 tahun bersama rombongannya sedang menjalankan misi rutin untuk mengunjungi para tentara di wilayah Yilan menjelang Tahun Baru China.

Helikopter Black Hawk jenis UH-60M itu diketahui membawa 13 orang saat kecelakaan terjadi. Dituturkan Komandan Angkatan Udara Taiwan Letnan Jenderal Hsiung Hou-chi bahwa delapan orang termasuk Jenderal Shen tewas dalam kecelakaan itu dan lima orang lainnya selamat. Lebih lanjut, Hsiung menyebutkan bahwa helikopter militer itu menghilang dari radar sekitar 13 menit usai lepas landas dari New Taipei City pada Kamis (2/1) pagi waktu setempat. (sud)