Indonesia-Malaysia

Kastara.ID, Jakarta – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah mengatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia, sedang melakukan investigasi terkait unggahan di media sosial yang diduga menghina Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

“KBRI KL sudah memberikan laporan awal atas kejadian ini dan saat ini sedang diinvestigasi. Saya tidak tahu keberadaan terduga pelaku,” kata Faizasyah dalam keterangannya (2/1).

Faizasyah menegaskan, jika hubungan dan komunikasi pemerintah Indonesia dan Malaysia terjalin dengan baik. Hanya saja, ia mengakui dengan unggahan macam ini, akan mengganggu hubungan antar masyarakat.

“Hubungan dan komunikasi antar pemerintah telah berjalan dengan baik. Hubungan antar masyarakat yang rentan terganggu apabila ada perilaku tidak terpuji serupa ini,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat menghindari perilaku tidak terpuji yang dampaknya bisa mengganggu hubungan baik antar kedua negara. Faizasyah juga mengingatkan setiap pelanggaran hukum ada sanksinya.

“Yang terbaik sebenarnya adalah menghindari diri dari tindakan tidak terpuji dan tidak mudah terprovokasi. Bila terbukti melanggar hukum bisa dikenakan sanksi,” tambahnya.

Sebelumnya, akun media sosial @bukan_bangjago mengunggah foto Raja Malaysia yang sudah diedit sedemikian rupa secara tidak pantas dan nampak menghina. (ant)