TGPF

Kastara.ID, Jakarta – Menko Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD memastikan pemerintah tidak pernah mendiskusikan, apalagi mengagendakan usulan Polri masuk dalam kementerian.

Hal ini menanggapi pernyataan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Agus Widjojo yang mengusulkan pembentukan Kementerian Keamanan Dalam Negeri dan Dewan Keamanan Nasional yang di dalamnya membawahkan Polri.

“Di pemerintah tak pernah ada diskusi, apalagi agenda tentang itu (pembentukan kementerian yang membawahi Polri). Tidak ada,” tegas Mahfud kepada wartawan, Senin (3/1).

Mahfud menyebut Dewan Keamanan Nasional dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri telah menjadi topik bahasan yang sudah lebih dari 20 tahun berlangsung. Dia pun mempersilakan untuk mempertanyakan ke DPR karena merupakan ranah legislatif.

“Itu wacana publik yang sudah lama, sudah lebih dari 20 tahun. Di pemerintah sendiri belum pernah ada pembicaraan tentang itu, saya tak punya tanggapan, silakan saja, itu areanya di bidang legislatif,” tuturnya.

Sebelumnya, wacana Polri masuk kementerian juga mendapat penolakan dari kalangan DPR RI. Di antaranya Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni dan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (ant)