HPSN 2022

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu menggelar rapat persiapan sekaligus sosialisasi kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 di Gedung Mitra Praja, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan, HPSN 2022 tingkat Provinsi DKI Jakarta akan digelar 21 Februari 2022 mengambil tema Festival Kolaborasi Jakarta Sadar Sampah. Sementara sebelum kegiatan tingkat provinsi, pihaknya akan menggelar rangkaian kegiatan yang melibatkan langsung masyarakat Kepulauan Seribu, Badan Pengelola Sampah (BPS) tingkat RW dan lintas sektoral.

“Melalui HPSN 2022 ini kita minta dukungan semua pihak untuk penanganan sampah agar tidak lagi dibawa ke Bantar Gebang. Kegiatan ini bertujuan sebagai program edukasi, meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat  terhadap pengolahan sampah, sekaligus memperkuat komitmen untuk melaksanakan aksi lokal mitigasi dan menjadikan Jakarta Sadar Sampah,” ujar Sujanto (2/2).

Menurutnya, beberapa rangkaian kegiatan yang merupakan aksi nyata akan digelar di Kepulauan Seribu, di antaranya lomba pembuatan video edukasi kreatif bagi BPS tiap RW berupa pemilahan sampah dan kegiatan unik mengelola sampah plastik dengan tema Kolaborasi Menuju Pulauku Nol Sampah yang akan dinilai oleh Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu.

Nantinya, pemenang akan diumumkan serta diberikan hadiah saat pelaksanaan kegiatan HPSN 2022 tingkat Provinsi DKI Jakarta.

“Kami juga canangkan gerebek sampah setiap minggu di pulau permukiman, pembersihan teluk Jakarta serta pembersihan sampah bawah laut di Pulau Pramuka,” tandasnya. (hop)