MotoGP 2020

Kastara.ID, Termas – MotoGP Qatar telah resmi membatalkan gelaran untuk kelas utama yang disusul Thailand yang menunda semua kelas untuk balapan pada Maret ini hingga waktu yang belum ditentukan.

Namun kabar yang beredar mengungkapkan kekhawatiran jika MotoGP berpotensi tak bisa digelar di semua negara penyelenggara. Kabar baiknya telah muncul konfirmasi langsung dari pihak Argentina.

Gelaran seri keempat ini memastikan diri bebas dari bahaya virus Corona dan menjamin MotoGP tetap berjalan sesuai rencana awal. Argentina akan menjadi tuan rumah MotoGP seri kedua musim ini pada 17-19 April mendatang dengan asumsi seri pembuka musim untuk kelas MotoGP baru akan berlangsung di Texas, Amerika Serikat pada 3-5 April yang akan datang.

Seperti diketahui, Qatar membatalkan kelas MotoGP karena negara itu memberlakukan karantina selama dua pekan untuk semua kedatangan yang berasal dari Italia atau yang pernah berada di Italia selama 14 hari.

Thailand kemudian juga menunda balapan MotoGP yang direncanakan di Buriram dari 20-22 Maret ‘untuk mencerminkan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah (coronavirus)’, dengan menghentikan setiap acara yang mengundang banyak penonton.

Untuk kasus Cororna di Amerika dan Argentina, sementara ini AS telah melaporkan 88 kasus virus, belum ada kasus yang tercatat di Argentina, di mana penyelenggara Grand Prix telah mengeluarkan pernyataan yang menjelaskan bahwa tidak ada hambatan untuk mencegah MotoGP tetap jalan.

“Argentina saat ini tidak memiliki batasan pada penyebaran virus corona dan tidak ada masalah yang diproyeksikan karena protokol keamanan dari Kementerian Kesehatan Bangsa dan Pemerintah Santiago del Estero. Jadwal MotoGP di Argentina akan berjalan normal dan akan terus menjadi bagian dari Kalender Kejuaraan Dunia 2020,” ujar kutipan dari Crash. (tra)