COVID-19

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus melakukan berbagai upaya dalam menghadapi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Mengingat, saat ini terdapat beberapa kasus DBD di sejumlah wilayah Kota Depok.

Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati mengatakan, guna menghadapi DBD, pihaknya melakukan penguatan kewaspadaan dan survailans bidang kesehatan. Terutama dalam pencegahan dan penanggulangan DBD.

“Kami lakukan penguatan melalui Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat di tingkat kecamatan dan kelurahan,” tuturnya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (2/3).

Menurut Mary, pihaknya juga mengingatkan kepada kader melalui Puskesmaa setempat untuk lebih aktif. Yaitu pada kegiatan Pemantauan Jentik Berkala (PJB) dan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantaik (G1R1Ji).

Kemudian, ujar dia, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) juga melakukan penanganan kepada pasien terduga DBD. Yang selanjutnya menangani pasiem secara tepat.

“Juga menginstruksikan puskesmas dan RS untuk menangani pasien DBD sesuai kewenangan dan standar operasional prosedur (SOP),” tambahnya.

Lebih lanjut, ujar dia, imbauan juga dilakukan kepada masyarakat untuk segera melapor kepada RT-RW jika ada penderita DBD. Kemudian RT-RW harus segera melaporkan ke Puskesmas agar segera tertangani.

“Jangan lupa lapor jika ada anggota keluarga yang terkena DBD, dan tetap galakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumah masing-masing,” tambahnya.

Untuk diketahui, kasus DBD pada Januari 2022 terdapat 394 kasus. Sedangkan pada Februari hingga tanggal 24 sebanyak 207 kasus. (dha)