MotoGP 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Barcelona – Sejak comeback di MotoGP Portugal beberapa bulan lalu, pembalap Repsol Honda Marc Marquez belum tampil maksimal.

Bahkan untuk bertahan di grup tengah Marquez mulai kewalahan, karena memang kondisi fisik yang tidak fit sepenuhnya.

Marquez juga terlalu sering jatuh di sesi Latihan Bebas, dan juga mengalami kecelakaan dalam dua balapan terakhir, Le Mans dan Mugello.

Menurut sang adik, Alex Marquez (LCR Honda Castrol), Marquez tidak nyaman dengan motornya, fisiknya masih lemah sementara Honda sangat menuntut secara fisik.

Motor sulit seperti Honda harus dikendarai dengan fisik yang kuat dan fit, ketika berada dalam kondisi masih cedera seperti Marquez, maka masalah akan muncul.

“Kekuatan fisiknya berkurang, dia merasa tidak nyaman yang menghambatnya tampil seratus persen,” kata Alex berbicara dalam acara Estrella Galicia, sebagaimana dimuat
Motosan.

“Dia kesulitan dan Honda adalah motor yang sangat (menuntut) fisik, dan ketika Anda tidak berada di posisi seratus persen dan Anda tidak dapat mendorong sebanyak yang
Anda bisa, masalah datang dan segalanya menjadi lebih sulit,” tutur sang adik.

Memang butuh waktu, tapi Alex yakin kakaknya akan segera kembali kuat seperti dulu.

“Tak perlu panik, Anda harus memperbaiki fisik dan itu akan sama seperti sebelumnya. Dan bagi Honda itu sangat membantu karena dia ada di sana, meskipun tidak seratus persen,” terangnya.

Balapan selanjutnya akan berlangsung di Catalunya akhir pekan ini, seri kandang untuk Marquez bersaudara. (tra)